Friday, December 17, 2010

Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Disingkat MSDM ialah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

Unsur-unsur Manajemen Sumber Daya Manusia

- Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia juga menyangkut desaun dan implementasi system perencanaan penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan-tujuan MSDM terdiri dari 4 tujuan, yaitu :

- Tujuan Organisasional ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan MSDM dalam meemberikan konribusi pada pencapaian efektivitas organisasi

- Tujuan Fungsional ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi

- Tujuan Sosial ditujukann secara social dan etis merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negative terhadap organisasi

- Tujuan Personal ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya

Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab Departemen SDA

- Perencanaan

Melakukan persiapan dan seleksi yenaga kerja (preparation and selection)

- Rekrutmen & Seleksi

1. Rekrutmen Tenaga Kerja adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh dll. Dalam tahapan ini diperlikan analisis jabatan yang ada untuk membuat description job.

2. Seleksi Tenaga Kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada.

- Pelatihan, Pengembangan dan Penilaian Prestasi

- Promosi, Pemindahan dan Pemisahan

Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM adalah HRD (Human Resource Department). Menurut A.F. Stoner MSDM adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan memasok suatu organisasi atau perusaaan dengan orang-orang yang tepat utnuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

(sumber : Wikipedia.org)

No comments:

Post a Comment