Friday, December 17, 2010

Bisnis Internasional

Hakikat Bisnis Internasional

Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasiaonal yang sering disebut sebagai International Trade. Ada juga yang menyebutnya sebagai International Marketing.

Tahap-Tahap dalam Melaksanakan Bisnis Internasional

  1. ekspor isidentil
  2. ekspor aktif
  3. penjualan lisensi
  4. franchising
  5. pemasaran di negeri
  6. produksi pemasaran di negeri.

Hambatan dalam melaksanakan perdagangan internasional

  1. perbedaan social dan budaya antar Negara
  2. perbedaan ekonomi
  3. perbedaan hukum dan politik.

Alasan melaksanakan Bisnis Internasional

Seseorang melaksanakan bisnis internasional karena beberapa alasan tertentu :

- karena usahanya ingin lebih maju

- karena ingin mendapatkan keuntungan yang besar

- karena persaingan di internasional lebih menguntungkan

- agar dapat dilihat dimata dunia

- agar lebih mengetahui dimana kekurangan usahanya

Tahap-Tahap dalam Memasuki Bisnis Internasional

Anda akan mempertimbangkan cara-cara masuk ke pasar internasional seperti :

- internet

- mengekspor

- perizinan

- agen internasional

- internasional distributor

- aliansi strategis

- joint ventures

Hambatan dalam Memasuki Bisnis Internasional

- periklanan

- modal

- pengendalian sumber daya

- biaya keuntungan independent skala

- dll

Perusahaan Multinasional atau PMN

Perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.

Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagai para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi politik.

Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.

PMN seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan.

Perusahaan multinasional pertama muncul pada 1602 yaitu Perusahaan Hindia Timur Belanda yang merupakan saingan berat dari Perusahaan Hindia Timur Britania.

Semua hal ini berarti dapat menjalankan bisnis internasional dan semoga penjabaran diatas mudah untuk dipahami.

(sumber : google.com dan wikipedia.org)

No comments:

Post a Comment